• ARTI SEJARAH DALAM KEHIDUPAN (JANGAN LUPAKAN SEJARAH)



    Sejarah?, ya itulah sebuah kata yang menggambarkan kehidupan nyata di masalalu yang berlalu, sekarang sejarah mulai dilupakan bahkan ditinggalkan maka cahayanya pun mulai meredup dan gersang untuk hanya sekedar dipandang. Para pelajar, dari mulai anak-anak, remaja, mahasiswa, bahkan dosen dan guru-guru sekarang cendurang lebih melupakan sejarah dalam memberikan materi atau pembelajaranya.
    Anak-anak, remaja bahkan dewasa sekarang lebih senang membaca novel, cerpen, bahkan bacaan yang hanya sekedar mengundang tawa tapi kering sekali makna apalagi pembelajaran sejarah, bukan tidak boleh akan tetapi alangkah lebih baik kita membaca sesuatu yang akan mampu memberi makna dan pengetahuan tentang siapa, apa , dan kenapa, dan mau dibawa kemana? Diri kita dalam kehidupan ini dan salah satunya semua bisa terjawab dengan mempelajari sejarah dengan baik dan benar. J

    Sejarah secara kata sebenarnya bersasal dari Bahasa arab yaitu dari kata “syajaratun” yang berarti pohon, dan secara terminology  merupakan peristiwa yang pernah terjadi masalalu , sebuah asal-usul dan uraian mengenai peristiwa yang terjadi pasa masa lalu baik itu tentang umat manusia, bangsa dan tempat atau benda-benda.
    Dalam bahasa inggris disebut history dan  dalam Bahasa Yunani  historia yang berarti penelitian, pengetahuan tentang masalalu. Dan bila kita lihat pengertian sejarah menurut para ahli dalam bidang sejarah secara garis besar mereka memaparkan bahwa sejarah adalah sebuah catatan peristiwa baik lisan maupuntulisan yang terjadi pada masa lalu yang benar-benar terjadi baik itu tentang manusia, bangsa, negara, tempat dan benda-benda, yang dijadikan suatu kajian keilmuan untuk diambil pelajarannya.

    Sejarah merupakan rekaman masa lalu yang sepatutnya harus kita jadikan atau ambil pelajaranya, Karena bila kita mengamati sebenarnya tidak ada hal yang baru dalam kehidupan kita didunia ini hanya mungkin ruang dan waktunya saja yang berbeda, Karena  semua yang terjadi sekarang merupakan representasi dari masalalu, tidak akan mungkin ada sekarang kalau tidak ada masa lalu dan hari sekarang pun akan menjadi masalalu atau sejarah bagi kita untuk  hari esok atau masa depan. Karena inilah hukum sebuah perputaran lingkaran.

    Tentunya bukan berarti kita harus hidup didalam keadaan masalalu atau kembali kepada masalalu Karena bagaimanapun masalalu adalah suatu waktu yang telah berlalu seperti ketika Imam Al-Ghazali ditanya oleh salah seorang muridnya yang salah satu pertanyaanya “ya Imam , adakah sesuatu yang sangat jauh didunia ini?” dan Imam Al-Ghazali pun menjawab,” tidak ada yang paling jauh didunia ini melainkan masalalu!”. Tentu kita dapat mengambil pelajaran bahwa bukan pada hal masa lalu nya akan tetapi makna dari kejadian atau peristiwanya yang dijadikan cerminan untuk kehidupan kita.

    Didalam Al-Qur’an hampir sepertiga isinya adalah sejarah atau kisah, baik itu kisah-kisah orang-orang yang shaleh dan (para Nabi dan Rosul), orang-orang yang kufur dan berbuat kerusakan dan orang-orng yang mendapatkan nikmat dan yang mendapatkan azab atau siksa. Semua pastilah ada maksud tertentu yang harus terpahami dan dijadikan sebagai pelajaran dalam kehidupan. Seperti salah satunya dalam  QS. Al-Hasyr [59]:18

    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ
    “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

    Sebuah renungan bagi kita semua (khususnya penulis). Bahwa sudah saatnya kita sekarang memperhatikan sejarah dan menjadikannya pokok dari pencarian ilmu atau dalam menuntut ilmu. Karena banyak sekali fungsi dari sejarah yaitu :
    1.      Sejarah berfungsi  sebagai pengajaran
    2.      Sejarah berfungsi  sebagai peringatan
    3.      Sejarah berfungsi  sebagai sumber kebenaran
    4.      Sejarah berfungsi  sebagai peneguh hati
    5.      Sejarah berfungsi  sebagai pengingat dan petunjuk

    Sejarah adalah kehidupan di masa lalu, semua orang, bangsa, negara dan semua aspek kehidupan kita takan luput dari sejarah atau kehidupan masalalu, tetapi saat ini sejarah hanya di anggap sebagai cerita masa lau yang memang telah berlalu tanpa dimaknai dan diambil pelajaran banhkn sekarang di instansi pendidikan  awal seperti SD,SMP, SMA, bahkan didunia perkuliahan  juga, mungkin hanya  jurusan dan fakultas terkait sejanrah yang benar-benar menjadikan ilmu sejarah ini menjadi kajian yang lumayan serius dalam perkuliahannya.

    sejarah telah  banyak dilupakan dan nampaknya sengaja melupakan entah itu oleh kita sendiri ataupun sengaja dijauhkan oleh pihak tertentu, nampaknya ini yang menjadi salah satu problematika bangsa kita saat ini, padahal bung Karno sendiri dengan tegas pernah mengatakan “JAS MERAH” jangan sekali-kali melupakan sejarah. kemunduran dan kehilangan jati diri sebagai bangsa yang dulu katanya bangsa hebat hilang terampas keangkuaan para penerus cerita kehidupan bangsa ini.
    Meski mungkin telah banyak sejarah yang telah berubah Karena diubah, dan ada peribahasa yang mengatakan terkadang sejarah  hanya ditulis atau dibuat oleh para pemenang, bukan berarti kita begitu saja melupakan dan menhiraukan begitu saja Karena sebagai mana yang diterang dalam Al-Quran Karena sejarah mengandung (1) unsur sebuah ilmu; (2) sebuah unsur nilai; (3) unsur kesadaran.

    Kini sejarah hanya menjadi cerita membosankan bagi kebanyakan orang yang tak pernah menyadari dirinya sendiri tergerus dunia yang materialis, hedonis dan psimis. Melupakan sesuatu yang tak semestinya dilupakan.
    sejarah  menunjukkan adanya peristiwa dan kejadian sebagai suatu aktifitas kehidupan manusia secara nyata. tapi sejarah tetaplah sejarah,  pasti ia akan menunjukan arah!!! Dan sejarah pasti terus akan berulang.












  • You might also like

    1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.